tempat belajar mengaji

Tempat belajar mengaji di Jakarta, memang banyak dan mencarinya tidak semudah yang kita bayangkan. Karena tempat belajar ngaji tidak cukup hanya mengajarkan kita bisa membaca saja. Kualitas bacaan juga menjadi faktor penting ketika mencari tempat belajar Alquran. Saat ini sudah mulai menjamur tempat belajar ngaji di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan daerah lainnya seperti Bekasi dan Depok. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah apakah tempat belajar Alquran tersebut menawarkan bimbingan yang terukur dan tertarget atau belajar membaca Alquran saja tanpa ada target capaian?.

Jika Anda berniat belajar Alquran, tetapi tidak ada target capaian. Maka, waktu yang Anda butuhkan akan lebih lama. Hal itu disebabkan karena fokus belajar membaca Alquran Anda terpecah. Bahkan terkadang sudah bertahun-tahun belajar membaca Alquran , tetapi tidak ada perubahan yang signifikan dalam bacaan kita. Berbeda ketika Anda belajar di sebuah lembaga bimbingan Alquran yang mengajarkan Anda cara mengucapkan huruf secara benar dari huruf ke huruf. Dengan demikian, kekurangan Anda bisa terindentifikasi sejak awal  dan selanjutnya kesalahan Anda bisa diperbaiki.

Berikutnya yang menjadi catatan adalah banyak diantara kita yang ingin belajar membaca Alquran cepat bisa tanpa dibarengi dengan kerja keras (mengulang-ulang bacaan huruf yang benar). Inginnya belajar secara instan dan mengabaikan proses. Ini lah yang kemudian membuat sebagian kita, mencari lembaga yang mengajarkan cepat bisa baca Alquran saja, tetapi lupa memperhatikan kualitas. Boleh saja kita mencari tempat belajar yang mengajarkan program cepat bisa baca Alquran, tetapi yang terpenting jangan sampai mengesampingkan kualitas.

Baca juga: Bagaimana agar bisa membaca Alquran dengan cepat?

Apabila ingin belajar membaca Alquran dengan benar dan sesuai tajwid, tentu dibutuhkan proses yang melelahkan. Tidak sedikit ulama tajwid yang mengibaratkan bahwa belajar membaca Alquran itu seperti senam rahang. Karena harus berulang-ulang membuka rahang saat melatih bacaan yang benar. Apalagi saat belajar membaca al Fatihah dengan benar. Sementara surah ini sudah terpatri kuat dalam ingatan kita. Sayangnya, dengan bacaan yang salah. Maka, proses perbaikannya tentu akan membutuhkan waktu yang lama, ditambah lidah kita yang sudah mulai kaku. Tetapi hal itu jangan membuat kita putus asa dan berkecil hati, justru harus semakin bersemangat. Karena proses belajar membaca Alquran kita, insya Allah bernilai ibadah.

Buat orang tua yang memiliki putra putri. Jika ingin mencari tempat mengaji untuk mereka, carilah tempat belajar Alquran yang bagus, yang lebih mengutamakan kualitas daripada sekedar bisa membaca. Meskipun anak kita bisa membaca dengan lagu yang indah, tetapi tidak memperhatikan kaidah tajwid, bacaan tersebut tetap lah bukan bacaan yang benar. Usia anak adalah usia yang sangat produktif (cepat menyerap pelajaran dan melekat kuat) termasuk bacaan Alquran. Jika yang mereka pelajari bukan bacaan yang benar, akan sulit nantinya untuk dibenahi. Terlebih jika buah hati kita sudah hafal beberapa surah Alquran di luar kepala, tetapi dengan bacaan yang salah. Tentu kesulitan pembenahannya akan lebih tinggi.

Semoga Allah menantiasa menanamkan dalam hati kita dan keluarga kita kecintaan terhadap Alquran dan kecintaan dalam membacanya, baik siang maupun malam. Sehingga Alquran menjadi penerang hidup kita di dunia dan menjadi syafaat di hari akhir. “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya (pahala) Alquran nanti akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi yang membacanya”,  (HR. Muslim).

Ingin mendaftar bimbingan Alquran? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *