Mukaddimah

Nubada merupakan lembaga yang berjuang memberantas buta huruf Alquran bagi Umat Islam di Indonesia. Nama Nubada diambil dari kalimat An-ru Bada yang artinya cahaya itu telah muncul. Yang dimaksud cahaya di sini adalah cahaya Alquran.

Cahaya itu sesungguhnya telah ada di tengah-tengah kita. Namun kita justru sering mengabaikannya. Kita ingin cahaya Alquran menerangi hidup kita di dunia tapi kita jarang membacanya. Kita berharap cahaya Alquran menjadi pelita kubur kita, tapi kita tak pernah menyentuhnya. Kita ingin Alquran nanti menjadi penolong kita di akhirat. Namun, upaya untuk mendekatinya masih sangat kecil. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Pertama, belum bisa membaca Alquran. Masalah ini bisa diselesaikan dengan cara bersegera untuk belajar. Namun terkadang, usia kadang menjadi penghalang; karena merasa sudah tidak muda, lantas malu untuk mulai belajar.

Kedua, sudah bisa membaca namun pengucapan hurufnya belum tepat dan bacaannya tidak sesuai dengan kaidah. Padahal membaca Alquran harus tepat pengucapan hurufnya, sehingga bacaan Alquran kita tidak salah makna.

Ketiga, lemahnya motivasi membaca Alquran. Hal ini bisa terjadi karena tidak mengetahui keutamaan dan manfaat membaca Alquran.

Berdirinya Nubada diharapkan bisa memberi solusi atas permasalahan tersebut dengan menyelenggarakan bimbingan dan pelatihan membaca Alquran yang mengacu kepada kurikulum yang disusun sedemikian rupa agar terselenggara kegiatan belajar mengajar yang efektif, inovatif, dan menarik untuk semua tingkatan usia. Semoga Nubada bisa memberikan setitik cahaya kepada mereka yang sedang dalam kegelapan.

Mari bersama meraih cahaya Alquran, dimulai dengan belajar membacanya (bagi yang belum bisa), memperbaiki bacaannya agar benar dan kemudian mengamalkannya.

Visi

“Membantu umat Islam memiliki kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar, memahami dan mampu mengamalkannya sehingga tumbuh cinta Alquran melalui pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk semua tingkatan usia”

Misi

Menyelenggarakan lembaga bimbingan Alquran untuk anak anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.

Mencetak guru Alquran yang berkualitas dengan selalu berupaya meningkatkan kapabilitas guru secara berkala

Mengembangkan kurikulum yang menarik dan inovatif agar bisa diikuti oleh semua tingkatan usia dengan mudah dan menarik

Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan.

Menyelenggarakan event-event yang dapat menambah wawasan dan kecintaan kepada Alquran

Meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan prima kepada peserta bimbingan atau mitra yang bekerja sama dengan Nubada.

Program & Metode

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi yang ditetapkan, Nubada menyelenggarakan beberapa program bimbingan. Masing-masing program memiliki buku (metode) khusus, dengan harapan mempercepat proses belajar dan menghasilkan kualitas yang bagus.

Program Dasar

Program Dasar merupakan program bimbingan baca Alquran untuk peserta yang sama sekali belum bisa membaca Alquran bahkan belum mengenal huruf hijaiyah.

Metode

Pengenalan huruf  hijaiyah dibagi menjadi enam bagian. Masing-masing bagian langsung dikenalkan dengan bentuk sambung setelah bentuk tunggalnya, dan fokus pada harakat fathah terlebih dahulu. Metode ini terbukti efektif.

pra tahsin & tahsin

Pra Tahsin ditujukan untuk peserta yang sudah bisa membaca Alquran, tetapi masih terbata-bata atau beberapa huruf hijaiyah masih tertukar. Sedangkan program Tahsin diperuntukkan bagi yang sudah bisa membaca Alquran tetapi masih perlu perbaikan pada makhraj, sifat huruf serta panjang pendek bacaan.

Metode

Buku Pra Tahsin dan Tahsin dirancang sebagai bahan latihan dan praktek. Peserta tidak diajarkan teori tajwid pada dua tahapan ini.

buku tahsin

Tajwid & talaqqi

Pada program Tajwid, peserta mulai dikenalkan dengan istilah-istilah dalam ilmu tajwid. Mulai dari makhraj huruf secara detail beserta sifatnya hingga bacaan di luar kaidah. Sementara pada program Talaqqi, lebih pada penguasaan berbagai jenis bacaan menurut jalur Syatibiyyah dalam riwayat Hafsh dari Imam Ashim.

Metode

Buku materi teori tajwid dan talaqqi disusun dalam bentuk diagram agar mudah diingat dengan disertai sedikit penjelasan.

Program tahfizh

Bagi yang ingin mengikuti program Tahfizh, kami mensyaratkan bacaannya sudah bagus. Jika bacaannya masih kurang bagus, kami menyarankan agar mengikuti program tahsin. Demikian itu, agar peserta tidak menghafal dengan bacaan yang salah. Karena jika hafal dengan bacaan yang salah, justru akan sulit untuk diperbaiki.

Metode

Peserta menyiapkan hafalan sebelum disetorkan. Saat di kelas, satu peserta maju untuk disimak hafalannya.  Sementara yang menunggu giliran bisa saling menyimak dengan saling berhadapan dua orang.

Tahfizh quran jakarta

“Untuk mempermudah peserta dalam menguasai huruf hijaiyah, kami lengkapi dengan buku mahraj dan sifat huruf yang disertai dengan gambar full colour.”

Sistem Pembelajaran

Selain metode, sistem pembelajaran juga memiliki peran yang sangat krusial dalam penguasaan materi. Dalam dunia bimbingan Alquran, ada dua cara mengajar Alquran yang merupakan warisan para ulama dari generasi ke generasi.

Talqin: Guru mencontohkan bacaan yang benar dan kemudian murid mengikuti contoh bacaan guru tersebut.

Talaqqi: Murid membaca di hadapan gurunya, sang guru mendengar dengan seksama lalu mengoreksi bacaan murid apabila ada kesalahan.

Adapun sistem pembelajaran yang ada di lembaga bimbingan Alquran Nubada adalah dengan menggabungkan dua sistem tersebut. Peserta dapat mengetahui bacaan yang benar melalui contoh dari guru, peserta mengikuti bacaan guru dan kemudian mengecek bacaannya satu per satu untuk dikoreksi. Dengan demikian, hasil yang dicapai oleh peserta didik bisa maksimal.

Mengapa Belajar di NUBADA

Kurikulum Sistematis

Kurikulum pembelajaran di Nubada disusun secara sistematis sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan tertarget dan terukur. Materi disusun berdasarkan tingkatan yang mengacu pada kurikulum yang sudah ditetapkan.

Metode Praktis

Pembelajaran di semua level  dibantu dengan buku pegangan Metode Nubada yang praktis, desain menarik, dan mudah dipelajari oleh semua usia.

Video Bimbingan

Agar pembelajaran efektif dan bisa diulang-ulang, kami telah siapkan video pembelajaran. Dan ini merupakan inovasi kami untuk mewujudkan cita-cita kaum Muslimin yang ingin bisa membaca Alquran dengan baik dan benar.

Guru berpengalaman

Peserta dibimbing oleh guru yang berpengalaman dan telah mengikuti training sebagai standarisasi. Selain itu, kompetensi guru selalu dipantau dan ditingkatkan secara rutin dan berkala agar kualitas bacaan guru tetap terjaga.

Pilihan Kelas

Kami memahami kesibukan para calon peserta. Karenanya, kami menyediakan beberapa pilihan kelas yang bisa diikuti sesuai dengan waktu yang dikehendaki peserta. Bahkan jika tidak bisa datang ke kelas, guru kami siap datang ke rumah peserta untuk belajar.