Ramadhan bulan Alquran, bulan yang penuh dengan kemuliaan. Disebut bulan Alquran karena di bulan ini lah Alquran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia agar manusia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah. Dengan demikian, Ramadhan dan Alquran memiliki keterkaitan yang kuat. Tak terpisahkan.

Di Bulan Ramadhan, kita diperintahkan untuk memperbanyak membaca Alquran. Pahalanya berlipat-lipat di banding dengan membacanya di luar Ramadhan. Bahkan para Ulama terdahulu, menghentikan majlis ilmu mereka agar dapat fokus membaca Alquran di bulan suci ini.

Dalam waktu dekat, insya Allah kita akan sampai pada bulan mulia ini (Semoga Allah panjangkan usia kita, sehingga bisa mendulang pahala di bulan Ramadhan). Sudah siap kah kita menyambut bulan ini dengan memperbanyak membaca Alquran? atau sudah benar kah bacaan Alquran kita sehingga layak mendapatkan pahala dengan memperbanyak membacanya? Atau malah sebaliknya, kita membaca Alquran tetapi justru mendapatkan dosa?

Imam al-Jazari membagi orang yang membaca Alquran menjadi tiga tipe:

  1. Orang yang membaca Alquran dan mendapatkan pahala. Mereka ini adalah orang yang bacaan Alqurannya benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya.
  2. Orang yang membaca Alquran, tetapi justru berdosa. Mereka adalah orang yang bacaan Alqurannya banyak kesalahan, bahkan kesalahan fatal yang dapat mengubah makna Alquran. Namun, dia enggan dan tidak mau belajar, padahal ada guru yang bersedia membimbingnya.
  3. Orang yang membaca Alquran, bacaannya banyak yang salah. Namun, dia punya keinginan kuat untuk belajar, hanya saja tidak ada yang membimbingnya belajar bacaan yang benar. Seperti orang yang tinggal di pedalaman atau suku – suku terpencil, sehingga sulit baginya untuk mencari guru dan mengajarkan kepadanya bacaan yang benar. Maka kondisi yang demikian ini, dimaafkan.

Lalu, di posisi manakah kita saat ini? Tentu kita berharap ada di posisi yang pertama. Jika pun kita ada di posisi kedua, masih ada kesempatan buat kita untuk memperbaiki bacaan Alquran kita. Oleh sebab itu, Lembaga Bimbingan Alquran Nubada memfasilitasi sahabat sekalian untuk bersama-sama memperbaiki bacaan Alquran kita dengan mengadakan program TAQUMA (Tahsin Alquran Ramadhan).

Untuk mengetahui makna tahsin, silakan baca: Pengertian Tahsin

Adapun materi yang akan diajarkan pada program TAQUMA (Tahsin Alquran Ramadhan) adalah:

  1. Memperbaiki makhraj huruf beserta sifatnya
  2. Melatih bacaan panjang dan pendek
  3. Belajar membaca nun sukun / tanwin
  4. Latihan membaca mim sukun
  5. Melatih beragam bacaan panjang
  6. Melatih cara membaca huruf hijaiyah di awal surah
  7. Mengenal ragam idgham
  8. Mengenal shifr mustathil
  9. Mengenal sihfr mustadir
  10. Mengenal bacaan gharib

Fasilitas yang diperoleh peserta yang mengikuti program ini:

  1. Buku Tahsin Metode Nubada ( full colour)
  2. Buku Makhraj Bergambar (full colour)
  3. Mushaf Alquran Rasm Utsmani (juz 29 – 30)
  4. Ruangan ber-AC
  5. Insya Allah disiapkan menu berbuka (makanan Ta’jil)

Peserta dibatasi hanya 6 orang dalam satu kelas, agar masing-masing peserta mendapatkan porsi praktek membaca Alquran yang memadai dan bimbingan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk dekat dengan Alquran dan menjadikan Alquran sebagai syafaat (penolong) kita di hari akhir nanti.

Untuk informasi selengkapnya, hubungi 0812 7000 5210. Ingin segera daftar, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *