buku tahsin

Program Tahsin merupakan program bimbingan baca quran untuk peserta yang sudah bisa membaca Quran tetapi masih perlu perbaikan. Program ini juga merupakan program lanjutan dari peserta yang sudah dinyatakan lulus dari program Pra Tahsin.

Pada program ini, peserta sudah mulai mempelajari makharijul huruf dan sifat-sifatnya; peserta belajar bagaimana mengucapkan huruf hijaiyah yang benar.

Materi lain dari program tahsin adalah tentang bacaan panjang 2 harakat. Materi panjang 2 harakat termasuk materi pokok setelah latihan pengucapan huruf dengan benar.

Karena kesalahan bacaan panjang pendek masih sering terjadi meskipun sudah bisa membaca Alquran dan ini juga termasuk kesalahan fatal. Maka, kami fokuskan perbaikan bacaan setelah pengucapan huruf adalah dengan memperbaiki bacaan panjang pendek peserta yang bergabung di program tahsin ini.

Materi berikutnya adalah materi tentang hamzah washal, kemudian cara membaca nun tasydid dan mim tasydid. Selanjutnya, materi berkaitan dengan nun sukun atau tanwin yang dianggap tidak ada karena bertemu dengan huruf-huruf tertentu. Peserta akan berlatih tentang bacaan yang perlu ditahan dan mana bacaan yang tidak perlu ditahan.

Pembahasan berikutnya di kelas tahsin adalah tentang bagaimana cara membaca nun sukun atau tanwin yang dibaca samar, huruf-hurufnya apa saja, dan bagaimana cara membacanya, semua akan dipelajari di level ini.

Selain latihan bagaimana mengucapkan dengan benar tentang nun sukun atau tanwin, peserta juga akan latihan cara membaca mim mati bertemu dengan huruf hijaiyah; apakah perlu ditahan atau kah tidak?

Berikutnya, peserta akan latihan membaca ragam bacaan mad (panjang) lebih dari 2 harakat. Apa saja bacaan yang dibaca panjang 4 atau 5 harakat dan mana saja bacaan yang haruds dibaca panjang 6 harakat.

Selain itu, peserta juga akan belajar membaca mafatihussuwar bagaimana cara membaca huruf-huruf di awal surah secara benar, seperti: يس، كهيعص، حـــم، عسق dll.

Peserta bimbingan juga akan belajar bacaan panjang karena waqaf, yang meliputi:

  • Dibaca panjang 2 harakat
  • Dibacan panjang 5 atau 6 harakat
  • Dibaca 2, 4 atau 6 harakat

Sebelum materi terakhir, peserta akan berlatih bagaimana membaca kata ketika diwaqafkan; apakah dibaca deangan disukunkan atau tetap dibaca panjang?.  Apabila dibaca sukun, bagaimana cara membacanya dan mengenali ciri-cirinya? Semua akan dibahas tuntas di program tahsin ini.

Materi terakhir dari tingkat tahsin ini adalah peserta akan belajar tentang bacaan di luar kaidah dan bacaan gharib, materi ini tidak bisa dipelajari sendiri, melainkan harus belajar langsung kepada seorang guru. 

Dari semua materi yang dipelajari di program tahsin ini, tidak ada satu pun materi tentang teori atau istilah-istilah tajwid. Peserta hanya difokuskan untuk memperbaiki bacaan dengan contoh-contoh bacaan Alquran agar sesuai dengan kaidah tajwid.

Ingin bergabung di program ini? Silakan mendaftar di sini

Jika ada yang mau ditanyakan, bisa menghubungi kami via whatsapp dengan klik tombol di bawah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *