kelas tahsin kerjasama

Kelas tahsin kerjasama merupakan program kerjasama kami dengan lembaga formal maupun non formal. Tujuan kelas tahsin kerjasama ini untuk memasyarakatkan belajar membaca Alquran dengan baik dan benar.

Hanya bisa membaca Alquran saja tidak lah cukup. Namun, harus diupayakan membaca Alquran dengan benar.

Lembaga bimbingan Alquran nubada adalah lembaga yang khusus bergerak di bidang pembinaan membaca Alquran, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Dari tingkat dasar [belum bisa membaca Alquran] hingga tingkat mahir.

Kami memadukan dua sistem belajar Alquran warisan para ulama dari generasi ke generasi. Yaitu sistem talqin (memberikan contoh bacaan yang benar) dan talaqqi (mendengarkan bacaan Alquran murid untuk dikoreksi apabila masih ada kesalahan).

Maka dalam rangka mewujudkan masyarakat yang pandai dalam membaca Alquran, kami bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti majlis ta’lim dan lain sebagainya untuk membina jamaah atau anggotanya agar memiliki bacaan Alquran yang benar.

Di antara lembaga atau majlis yang bekerjasama dengan kami adalah:

Kelas Tahsin Kerjasama dengan Majelis Ta’lim al-Bukhari

Majlis ini kebanyakan anggotanya para pensiunan yang ingin belajar membaca Alquran. Jangan salah, meskipun usia mereka bisa dibilang tidak muda, tetapi semangat mereka (untuk belajar membaca Alquran dengan benar) bisa mengalahkan semangat anak-anak muda.

Mereka sadar, bahwa meskipun lidah sudah kaku dalam mengucapkan setiap huruf hijaiyah, mereka akan terus berusaha semaksimal yang mereka mampu.

Mereka juga sangat bersyukur meskipun di usia yang sudah cukup senja, tetapi masih Allah beri kesempatan untuk belajar memperbaiki bacaan Alquran.

Dan Alhamdulillah, di antara mereka sudah mulai bisa mengucapkan dengan baik huruf shad dan membedakannya dengan huruf sin. Yang awalnya mereka cukup kesulitan untuk membedakan antara huruf tebal dan tipis.

Majelis Hijrah – Geraldton, Australia Barat

Majlis ini dibentuk karena pengalaman pendirinya yang berhijrah setelah sebelumnya hidup seperti kehidupan orang Australia pada umumnya, jauh dari kehidupan Islam.

Hingga akhirnya, beliau mendapat hidayah dari Allah lalu berhijrah dan berpindah dari Sidney menuju ke Geraldton, Australia Barat.

Di Geraldton ini lah, beliau mendirikan majelis hijrah sebagai bagian untuk memperbaiki masa lalunya dan untuk memperdalam ajaran agama Islam serta sebagai wadah atau komunitas bagi teman-temannya yang tinggal di Australia untuk membentengi diri agar tidak terjebak seperti pada kehidupan masa lalunya.

Alhamdulillah, kami (Nubada) diizinkan oleh Allah untuk membersamai mereka dalam belajar Alquran. Menambah yang masih kurang dan memperbaiki agar lebih sempurna. Kami akan terus berupaya agar bacaan Alquran mereka semakin baik dan benar.

“Alhamdulillah setelah belajar tahsin di lembaga Nubada, saya jadi lebih memahami bagaimana membaca ayat Alquran dengan baik dan benar karena selama ini saya merasa sudah benar belajar membaca Alquran tapi ternyata banyak yang harus diperbaiki.

Syukron atas ilmu tahsin yang sudah diajarkan kepada saya dan teman-teman saya di Geraldton Western Australia dan juga teman-teman saya di Jakarta dan sekitarnya. insyaa Allah kami akan terus istiqomah untuk terus belajar agar dapat bisa menerapkan cara membaca Alquran dengan baik dan benar di kehidupan kami sehari2. Aamiin Allahumma Aamiin”

Selain dua majelis di atas, masih ada lembaga-lembaga lain yang bekerjasama dengan kami dalam bimbingan membaca Alquran, seperti: sekolah, rumah quran, TPA dan lain sebagainya.

Kami akan terus membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan instansi atau lembaga lain, dengan harapan dan tujuan agar bimbingan membaca Alquran dengan benar semakin memasyarakat dan menjadikan kaum Muslimin Indonesia bukan hanya bisa membaca Alquran saja. Namun, bisa membaca Alquran dengan baik dan benar, serta mampu menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga Anda berminat bekerjasama dengan kami? Hubungi kami di 0812 7000 5210

Pengen tau apa yang akan diperbaiki di program tahsin, klik di sini

Untuk menambah wawasan ilmu tajwid Anda, silakan baca artikel tajwid kami di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *