kelas bahasa arab

Kelas bahasa Arab merupakan program baru dari lembaga bimbingan Alquran Nubada. Selain karena permintaan beberapa peserta bimbingan Alquran, pembukaan kelas bahasa Arab bertujuan untuk supaya kaum Muslimin bisa lebih memahami kandungan ayat-ayat yang Allah turunkan dalam Alquran. Tentu, setelah bacaan Alquran mereka sudah baik dan benar.

Akan terasa berbeda ketika membaca atau mendengar ayat yang kita fahami maknanya dengan yang tidak kita fahami maknanya. Ibadah shalat dan membaca Alquran kita akan terasa tenang, nyaman dan damai saat kita bisa mengerti makna kandungan ayat, serasa berkomunikasi langsung dengan Allah.

Pembukaan kelas bahasa Arab ini, sesuai dengan visi Nubada: “Membantu umat Islam memiliki kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar, memahami dan mampu mengamalkannya…”. Oleh karena itulah, kami membuka program bahasa Arab ini.

Kelas Bahasa Arab yang kami adakan, bukan hanya menargetkan peserta bisa berbicara saja, tetapi lebih bertujuan agar peserta bisa memahami naskah berbahasa Arab terutama Alquran dan warisan para ulama (karangan/buku) yang ditulis menggunakan bahasa Arab. Oleh sebab itu, kami memilih menggunakan buku bahasa Arab Durusul Lughah al-Arabiyah Lighairin Nathiqiina Bihaa sebagai panduan dalam belajar bahasa Arab.

Buku Durusul lughah al Arabiyyah ini terdiri 4 jilid dalam satu buku. Buku ini sangat cocok bagi pemula yang belajar bahasa Arab, karena buku ini sangat sistematis sehingga mudah dipelajari. Durusul Lughah adalah salah satu kitab pembelajaran muhadatsah atau percakapan. Yang berbeda dari Buku Durusul Lughah dibandingkan buku pembelajaran Bahasa Arab lainnya adalah penyusunannya yang sistematis dengan pengenalan kaidah bahasa secara bertahap yang langsung diterapkan pada bacaan dan latihan intensif dalam setiap Bab Pelajaran.

Selain menggunakan Buku Durusul lughoh al Arabiyyah, kelas bahasa Arab Nubada juga dilengkapi dengan buku panduan istilah-istilah bahasa Arab yang terdapat dalam buku Durusul Lughah untuk memudahkan peserta memahami istilah-istilah Nahwu; sepeti ism, fi’il, harf dan lain sebagainya.

Buku Ilmu Tata Bahasa Arab Praktis ini, merupakan rangkuman dari kitab Nahwu Ajurumiyah; kitab Nahwu yang digunakan di berbagai pondok pesantren di Indonesia sebagai dasar untuk memahami bahasa Arab.

Kami membuka dua pilihan kelas; Offline dan Online, dengan harapan semakin banyak kaum Muslimin yang bisa belajar bahasa Alquran, meskipun jaraknya jauh dari lokasi kami. Selain itu, kelas laki-laki dan kelas perempuan kami pisahkan dengan pengajar sesuai dengan kelas tersebut; kelas laki-laki diajar oleh guru laki-laki dan kelas perempuan diajar guru perempuan.

Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian,” (Umar bin Khattab).

Bagi yang berminat belajar bahasa Arab dari DASAR, bisa klik link ini: arabic.nubada.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *