Belajar membaca Alquran mudah

Belajar membaca Alquran mudah tentu menjadi harapan bagi umat Islam yang belum bisa membaca Alquran, terutama bagi mereka yang memiliki usia yang tidak lagi muda. Seperti berkejaran dengan waktu, mereka ingin segera bisa membaca Alquran sebelum maut menjemput. Sungguh sebuah niat yang mulia  (meskipun itu agak terlambat), tetapi itu lebih baik dari pada tidak ada keinginan sama sekali untuk bisa membaca Alquran atau sudah menyerah karena merasa sudah tua dan tidak ada harapan lagi untuk bisa membaca Alquran.

Ada pula yang ingin belajar Alquran mudah dan cepat. Tidak salah memang, tetapi kalau yang dimaksud cepat itu adalah instan, maka bisa dibilang itu adalah hal yang cukup sulit untuk diwujudkan. Karena belajar membaca Alquran dibutuhkan latihan lisan dengan mengucapkan huruf secara berulang-ulang. Belajar membaca Alquran bukan berkaitan dengan seberapa cerdas nya kita, tetapi seberapa sering mengulang-ulang bacaan. Tentu dengan bacaan yang benar. Oleh sebab itu, berhati-hati lah dalam mencari guru ketika hendak belajar membaca Alquran.

Sebenarnya, belajar membaca Alquran itu mudah dan tidak sulit. Yang membuatnya sulit justru kita sendiri. Karena menganggap belajar membaca Alquran itu sulit, maka belajarnya pun menjadi sulit. Padahal Allah sudah menjanjikan bahwa Alquran itu mudah; mudah diucapkan dan mudah difahami maknanya. Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذّكْرِ

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan,”

Imam Mujahid menafsirkan ayat tersebut dengan; “mudah atau ringan bacaannya…” sedangkan as-Sadiy mengatakan:” Kami mudahkan bacaannya bagi lisan-lisan”. Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini dengan makna yang senada “Kami mudahkan pengucapan dan maknanya bagi orang yang menginginkannya…”

Hal ini benar dan memang terbukti. Islam telah menyebar [dari 14 abad yang lalu] ke berbagai wilayah di belahan bumi dengan beragam budaya dan bahasa yang berbeda-beda, tetapi mereka tetap bisa membaca Alquran. Meskipun, bahasa Alquran berbeda dengan bahasa yang mereka pakai sehari-hari.

Baca juga; kini belajar Alquran lebih mudah

Mungkin ada pertanyaan, kalau memang mudah, kenapa saya menemukan kesulitan dalam membaca Alquran?

Itu karena hati kita belum siap membuka diri terhadap Alquran, sehingga masih belum bisa menyatu dengan Alquran dan mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Alquran adalah firman Allah, yang hanya akan masuk ke hati yang terbuka. Atau barangkali keinginan kita masih setengah-setengah, belum sepenuhnya, belum seutuhnya. Sehingga Alquran masih enggan mendekat dan mempelajarinya menjadi susah. Mari, kita tengok kembali penafsiran Ibnu Katsir: “Kami mudahkan pengucapan dan maknanya bagi orang yang menginginkannya…” maka seberapa besar keinginan kita dalam belajar membaca Alquran akan berpengaruh terhadap “seberapa mudah Alquran masuk ke dalam dada kita”.

Besarnya niat atau keinginan kita juga berpengaruh terhadap kemampuan kita dalam menepis godaan dalam belajar. Membaca Alquran adalah ibadah yang mulia, tentunya akan banyak rintangan di dalamnya; entah itu rintangan yang datang dari diri kita sendiri atau dari godaan setan. Jika itu godaan dari setan, maka akan mudah ditepis kalau niat dan tekad kita sudah bulat dan kuat. Namun, yang menjadi masalah adalah jika niat atau keinginan kita masih belum utuh.

Jadi, belajar quran mudah bagi orang yang memiliki niat yang kuat. Allah tentu akan membantu hamba-Nya yang tulus ingin bisa membaca Alquran. Apalagi di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Belajar membaca Alquran dengan mudah lebih bisa terwujud, dengan cara menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran untuk membantu guru dalam mengajar peserta didiknya.

Alhamdulillah, kami menemukan cara belajar Alquran yang mudah. Dengan metode yang dirancang untuk latihan secara praktis, tanpa dieja dan tanpa diribetkan dengan teori. Hal ini memungkinkan peserta lebih cepat bisa membaca Alquran, ditambah lagi dengan adanya video pembelajaran yang bisa diulang kapan pun dan dimana pun, akan membuat peserta bisa membaca Alquran dengan mudah.

Baca juga: Belajar Alquran disertai video

Meskipun ada banyak kemudahan, keberhasilan belajar membaca Alquran kembali lagi kepada masing-masing orang. Seberapa besar niat dan keinginan untuk bisa membaca Alquran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajarnya. Karena niat yang kuat, akan membuat masing-masing berusaha untuk melatih lidahnya mengucapkan huruf Alquran. Dan jika hanya sebatas ingin saja dan tanpa adanya usaha yang gigih, maka jangan terlalu berharap akan dimudahkan oleh Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *