belajar-membaca-Alquran-dengan-benar

Belajar membaca Alquran dengan benar merupakan sebuah langkah awal bagi Anda untuk berinteraksi lebih dekat dengan Alquran. Dan keinginan belajar membaca Alquran adalah sebuah keinginan yang mulia dan itu merupakan bagian dari hidayah Allah. Langkah selanjutnya adalah mencari tempat belajar membaca Alquran. Tempat belajar membaca Alquran memang banyak, namun mencari tempat belajar membaca Alquran yang bagus tidak semudah yang kita bayangkan. Karena tempat belajar membaca Alquran tidak hanya mengajarkan kita bisa membaca saja. Kualitas bacaan juga merupakan hal penting ketika mencari tempat belajar Alquran. Saat ini sudah mulai menjamur tempat belajar membaca Alquran di berbagai daerah. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah apakah tempat belajar membaca Alquran tersebut menawarkan bimbingan yang terukur dan tertarget atau belajar membaca Alquran saja tanpa ada target capaian.

Jika Anda berniat belajar membaca Alquran, tetapi tidak ada target capaian. Maka, waktu yang Anda butuhkan akan lebih lama. Hal itu disebabkan karena fokus belajar membaca Alquran Anda akan terpecah. Bahkan terkadang sudah bertahun-tahun belajar membaca Alquran, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan dalam bacaan kita. Berbeda ketika Anda belajar di sebuah lembaga bimbingan Alquran yang mengajarkan Anda cara mengucapkan huruf secara benar dari huruf ke huruf. Dengan demikian, kekurangan Anda bisa terindentifikasi sejak awal dan selanjutnya kesalahan Anda bisa segera diperbaiki.

Berikutnya yang menjadi catatan adalah banyak diantara kita yang ingin belajar membaca Alquran cepat bisa tanpa dibarengi dengan kerja keras (mengulang-ulang bacaan huruf yang benar). Inginnya belajar secara instan dan mengabaikan proses. Ini lah yang kemudian membuat sebagian kita, mencari lembaga yang mengajarkan cepat bisa baca Alquran saja, tetapi lupa memperhatikan kualitas. Boleh saja kita mencari tempat belajar yang mengajarkan program cepat bisa baca Alquran, tetapi yang terpenting jangan sampai mengesampingkan kualitas.

Baca juga: Cara mudah perbaiki bacaan Alquran

Apabila ingin belajar membaca Alquran dengan benar dan sesuai tajwid, tentu dibutuhkan proses yang melelahkan. Tidak sedikit ulama tajwid yang mengibaratkan bahwa belajar membaca Alquran itu seperti senam rahang. Karena harus berulang-ulang membuka rahang saat melatih bacaan yang benar. Apalagi saat belajar membaca al Fatihah dengan benar. Sementara surah ini sudah terpatri kuat dalam ingatan kita. Sayangnya, dengan bacaan yang salah [padahal Alfatihah adalah rukun shalat yang jika salah, shalatnya tidak sah]. Proses perbaikannya tentu akan membutuhkan waktu yang lama, ditambah lidah yang sudah mulai kaku. Tetapi hal itu jangan membuat kita berputus asa atau berkecil hati, justru harus semakin bersemangat. Karena proses belajar membaca Alquran kita, insya Allah tetap bernilai ibadah.

Dua kunci utama agar memiliki bacaan yang bagus.

Pertama; mencari guru yang mempunyai bacaan yang benar

Hal pertama yang harus kita lakukan agar mempunyai bacaan yang bagus dan benar adalah mencari guru yang bagus bacaannya, bukan sekedar bagus suaranya tetapi guru yang memang menerapkan kaidah tajwid ketika membaca Alquran. Guru atau pengajar ini merupakan pondasi utama. Karena mereka lah yang nantinya akan memberikan contoh bacaan yang benar dan mengoreksi bacaan kita apabila masih ada kekurangan. Bisa kita bayangkan, jika kita asal saja dalam mencari guru yang akan membimbing bacaan Alquran kita, bisa jadi guru tersebut akan memberikan contoh bacaan yang salah dan kesalahan kita tidak terdeteksi karena sudah dianggap benar oleh sang guru padahal masih salah. Maka, apabila mencari tempat belajar, cari lah tempat belajar yang memang mempunyai guru yang sudah memiliki kompetensi yang bagus.

Kedua; mengulang-ulang bacaan yang benar seperti yang dicontohkan guru

Langkah kedua setelah kita menemukan guru yang kompeten dan bagus bacaannya adalah dengan mengulang-ngulang contoh yang sudah diberikan oleh guru kita, tujuannya adalah agar lidah terbiasa dengan bacaan yang benar dan itu perlu latihan yang terus-menerus tanpa mengenal lelah. Imam al-Jazari mengatakan; “saya tidak mendapati seseorang yang bagus bacaannya melainkan karena dia terus-menerus melatih bacaannya dari guru yang bagus bacaannya”.

Jadi kesimpulannya adalah siapa pun yang ingin belajar membaca Alquran dengan bagus, maka dia harus mencari guru yang bagus bacaannya kemudian melatih lisannya untuk mengikuti bacaan yang dicontohkan oleh sang guru.

Semoga Allah menantiasa meneguhkan hati kita untuk belajar membaca Alquran dengan baik dan benar. Sehingga nantinya kita mendapat syafaat dari Alquran yang kita baca. “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya (pahala) Alquran nanti akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi yang membacanya”, (HR. Muslim).