Apa itu tahsin Quran?

Arti tahsin menurut bahasa adalah memperbaiki atau memperindah. Sedangkan makna tahsin quran dalam ilmu tajwid adalah suatu kegiatan memperbaiki bacaan al-Quran agar sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.

Ilmu yang dipelajari dalam kegiatan tahsin Quran dinamakan ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tata cara membaca Al-Quran. Cakupan ilmu tajwid meliputi ukuran mad (panjang-pendek), ghunnah (dengung), tarqiq (tipis), tafkhim (tebal), dan makhraj huruf yang sesuai dengan sifat-sifat yang dimilikinya.

tahsin Quran dan tahfidzh Quran Nubada
Kegiatan Tahsin Quran di Nubada.id

Hukum Mempelajari Tahsin Quran

Mempelajari ilmu tajwid bagi setiap muslim hukumnya fardhu kifayah. Yaitu, kewajiban yang apablia sudah kita kerjakan maka orang lain tidak lagi berdosa jika tidak mengerjakannya.

Adapun mengamalkan atau mempraktikkannya adalah farhu ‘ain atau kewajiban individual bagi setiap orang yang hendak membaca Al-Quran.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa mempelajari tahsin Quran wajib hukumnya bagi orang-orang yang belum bisa membaca Al-Quran.

Manfaat tahsin Quran

Beberapa manfaat dari kegiatan tahsin Quran adalah sebagai berikut.

Terhindar dari kesalahan

Dengan mempelajari tahsin Quran, kita dapat mengetahui letak kesalahan kita dalam membaca Al-Quran. Setelah mengetahui letak kesalahan, maka kita dapat memperbaikinya.

Bacaan menjadi lebih indah

Semakin baik kualitas bacaan Alquran kita, maka semakin indah juga bacaan Alquran kita.

Lisan menjadi lebih fasih

Salah satu yang dipelajari dalam tahsin Quran adalah makhraj atau tempat keluar huruf. Dalam mempelajari makhraj, kita dituntut untuk melatih lisan untuk mencapai kefasihan. Semakin banyak berlatih, maka insyaAllah lisan akan semakin fasih.

Mendapatkan ilmu yang bermanfaat

Selain bermanfaat untuk diri sendiri saat membaca Al-Quran, ilmu tajwid juga dapat bermanfaat bagi orang lain. Caranya adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Menjadi sebaik-baik manusia

Rasulullah ﷺ bersabda :

خيركم من تعلم القرءان و علمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya” ( HR. Bukhari)

Untuk mendapatkan keutamaan hadits tersebut, para pelajar al-Quran diharapkan untuk mengajarkan apa yang telah dipelajarinya kepada orang lain.

Perbedaan Tahsin dan Tahfidzh Al-Quran

Apa perbedaan tahsin Quran dengan Tahfidzh Quran? Seperti yang telah diketahui, tahsin Quran adalah kegiatan memperbaiki bacaan Alquran. Sedangkan tahfidzh Al-Quran adalah suatu kegiatan untuk menghafal Al-Quran sedikit demi sedikit sampai target tertentu atau seluruh Al-Quran.

Sebelum menghafal Al-Quran, alangkah baiknya terlebih dahulu memperbaiki bacaan Al-Quran. Dengan demikian, hafalan Al-Quran yang didapat akan terhindar dari kesalahan.

Cara Membaca Al-Quran dengan Benar

Membaca al-Quran tentunya tidak cukup hanya sekedar membaca saja. Bagaimana cara membaca al-Quran agar kita mendapatkan pahala dan keutamaan-keutamaannya secara maksimal?

Niat Membaca Karena Allah

Ingatlah bahwa al-Quran bersumber dari Allah ﷻ. Al-Quran merupakan kalam Allah ﷻ yang bernilai mukjizat. Mukjizat al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui perantara malaikat Jibril ‘alaihissalaam. Membaca al-Quran dinilai sebagai ibadah dan mendatangkan manfaat bagi pembacanya.

Membaca di tempat yang bersih

Saat akan membaca Al-Quran, pilihlah tempat yang bersih dan nyaman. Membaca Al-Quran juga disunnahkan untuk menghadap kiblat. Jika memungkinkan, anda dapat pergi ke masjid atau membuat tempat khusus dirumah.

Berwudhu dan Menutup Aurat

Salah satu adab membaca Al-Quran adalah berwudhu dan menutup aurat. Meskipun tidak menjadi syarat seperti dalam shalat, tidak ada salahnya melaksanakan 2 hal tersebut. Dengan melaksanakan adab-adab membaca Al-Quran, insyaAllah keutamaan yang didapat akan lebih banyak.

Luangkan waktu khusus

Hindari membaca Al-Quran saat ada waktu luang. Melainkan buatlah jadwal khusus untuk membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran harus menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Sediakan waktu khusus seperti setelah shalat subuh, atau setelah shalat isya, dan atau di waktu-waktu lainnya.

Jika belum rutin, buatlah jadwal dari yang ringan terlebih dahulu. Misalnya, jadwal membaca Al-Quran 10 menit setelah shalat isya. Setelah semakin terbiasa, maka intensitas membaca Al-Quran dapat ditingkatkan sedikit-demi sedikit.

Mengucapkan setiap huruf dengan benar

Ucapkanlah setiap huruf yang dibaca sesuai dengan makhraj atau tempat keluar hurufnya. Jika tidak sesuai dengan makhraj, dikhawatirkan bacaan tidak sesuai dengan makna yang seharusnya.

Menyempurnakan sifat-sifat huruf

Selain mengucapkan huruf sesuai dengan makhrajnya, sempurnakanlah sifat-sifat huruf yang melekat pada setiap huruf yang dibaca.

Menerapkan setiap hukum bacaan dengan baik

Bacalah dengan tidak terburu-buru. Terapkan juga setiap hukum bacaan dengan baik. Mulai dari hukum mad, nun sukun, tanwin, dan lain-lain.

Mengetahui tempat berhenti bacaan

Penting untuk mengetahui tempat-tempat berhenti bacaan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari berhenti pada tempat yang belum sempurna maknanya. Pada mushaf Al-Quran, biasanya terdapat penjelasan tanda-tanda berhenti. Pastikan anda membaca penjelasan tersebut sebelum membaca Al-Quran.

Tempat Belajar Tahsin Quran

Apabila belum memahami bagaimana cara membaca al-Quran dengan benar, maka wajib mempelajarinya. Saat ini sudah banyak lembaga yang membuka program tahsin Quran. Anda bisa mencari tempat-tempat belajar Al-Quran yang terdekat dengan rumah Anda.

Jika Anda berlokasi di Jakarta Timur dan Bekasi, Anda dapat mengikuti program tahsin Quran yang dijalankan oleh Nubada.id.

Nubada.id

Panduan Tahsin Quran - Membaca Al-Quran Nubada
Buku Panduan Tahsin Quran Nubada

Di Nubada, Anda bisa mendaftar kelas umum maupun kelas privat sesuai dengan kebutuhan. Program tahsin Al-Quran Nubada dirancang agar peserta bisa membaca Alquran, baik peserta anak-anak maupun dewasa.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi:

0812 7000 5210

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *